Tips dan Cara Berkendara Roda Dua / Sepeda Motor Yang Aman

1.  Gunakan helm berstandar SNI untuk melindungi pengendara dan penumpang jika terjadi kecelakaan.

Helm juga berfungsi sebagai penahan terpaan angin, debu, atau partikel lain yang mungkin berbahaya seperti kerikil.

2. Jangan menaruh tas di setang.

Lebih baik, tempatkan tas di antara kedua kaki karena di bawah jok motor biasanya terdapat kaitan tas. Atau, gantungkan tas pada kaitan tas yang berada di bagian depan, di atas kompartemen tambahan. Memakai tas bertali panjang lebih aman, namun jangan menyelempangkan tas ke arah belakang karena Anda akan menimbulkan risiko dijambret oleh pengendara lain.

3. Pada intinya, hindari berkendara sambil melakukan aktivitas lain.

Misalnya, menelepon atau mengirim SMS, juga berdandan atau makan saat lampu merah menyala. Bila memang harus menggunakan ponsel, menepilah lebih dulu, baru lakukan kebutuhan Anda.

4. Jangan menggunakan perhiasan berlebihan.

Menggunakan kalung, gelang, atau cincin terlalu banyak akan menghambat gerakan Anda. Selain itu, perhiasan yang mencolok juga akan mengundang tindak kejahatan dari pengendara lain.

5. Hindari berhenti di belakang bus atau truk saat lampu merah menyala,

karena asap knalpotnya akan membuat mata perih dan sesak nafas.



6. Jangan membawa penumpang lebih dari satu orang,

 karena desain sepeda motor dibuat untuk dua orang. Jika terpaksa membawa anak, posisi anak harus berada di tengah supaya ia terlindung dari angin dan debu, serta aman selama berkendara. Ketika membonceng penumpang, pastikan penumpang menggunakan peralatan keselamatan standar berkendara.

7. Posisi duduk penumpang yang benar adalah menghadap ke depan, bukan menyamping.

Lutut tidak boleh lebih lebar daripada setang sepeda motor, dan kaki ditaruh di pijakan kaki (footstep) dengan ujung jari menghadap ke depan. Posisi menghadap ke depan ini membuat penumpang lebih waspada terhadap kondisi jalan raya, menjaga keseimbangan dengan baik, dan nyaman selama berkendara.

0 Response to "Tips dan Cara Berkendara Roda Dua / Sepeda Motor Yang Aman"

Posting Komentar